11 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Teraman

81 / 100

Menurunkan berat badan bukan hanya bisa menggunakan obat namun bisa menggunakan cara menurunkan berat badan secara alami. Kamu cukup mematuhi beberapa pantangan dan juga mengonsumsi makanan tertentu untuk menunjangnya. Diet alami ini juga tidak memberikan efek samping yang berbahaya dari pada menggunakan bantuan obat.

Terlebih untuk orang yang memiliki riwayat penyakit dalam tentu memiliki batasan terhadap kandungan obat yang dikonsumsi. Pengonsumsian obat ini juga tidak direkomendasikan dalam waktu panjang untuk menghindari efek sampingnya. Bahkan untuk menggunakannya harus dalam pengawasan dokter dengan takaran yang tepat. Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan kamu bisa mencoba cara yang alami saja.

Cara menurunkan berat badan secara alami dan Teraman

  1. Minuman madu dan jahe

Minuman herbal yang satu ini ternyata bermanfaat untukmu yang sedang melakukan diet. Jahe yang dicampur madu memiliki manfaat sangat ampuh untuk mengurangi nafsu makan pada tubuh. Kemudian racikan ini juga berguna melancarkan proses metabolisme dalam tubuh dan tidak menimbulkan lemas.

Rasa minumannya juga segar dan hangat sehingga tidak akan menyiksa untuk dikonsumsi. Untuk membuatnya kamu hanya perlu menyiapkan dua sendok makan jahe yang sudah diperas dan dua sendok makan madu. Lalu berikan air panas dan minum secara perlahan. Untuk hasil yang maksimal konsumsilah minuman ini dua kali sehari.

  1. Gunakan teh hijau

Cara menurunkan berat badan secara alami tanpa sakit adalah menggunakan teh hijau. Saat ini teh hijau sudah sangat mudah untuk ditemui baik yang siap seduh maupun yang langsung diminum. Kamu bisa memilih teh hijau yang murni tanpa penambahan gula untuk hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga  Diet Cepat Kurus Dalam 3 Hari, Bagaimana Caranya?

Teh hijau memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping. Untuk mengonsumsinya minumlah teh hijau dua kali sehari sebelum makan. Teh hijau membantu meluruhkan tumpukan lemak pada perut lebih baik. Namun untuk yang sedang menjalani puasa maupun pemilik riwayat penyakit lambung cara konsumsinya perlu konsultasi dengan dokter.

  1. Makan dalam porsi kecil dengan sayuran

Tips berikutnya adalah ubah cara makan dan makanannya. Kamu bisa menggunakan peralatan makan dengan ukuran yang kecil. Ukuran ini mampu memberikan sinyal sugesti ke otak agar lebih cepat kenyang. Tambahkan lebih banyak porsi sayuran dan kurangi porsi untuk karbohidratnya.

  1. Perbanyak makan serat

Cara menurunkan berat badan secara alami tanpa resiko adalah dengan mengonsumsi makanan berserat. Makanan berserat memiliki fungsi yang cukup banyak untuk pencernaan seperti melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Makanan serat juga membuat efek kenyang dalam perut lebih banyak dan cocok untuk diet.

Banyak yang memanfaatkan makanan serat ini untuk melancarkan BAB yang macet selama menjalani diet. Serat ini bisa didapatkan dari makanan dalam bentuk kacang-kacangan, buah-buahan dan juga sayuran hijau.

  1. Minum air putih lebih banyak

Sudah bukan menjadi rahasia lagi kalau air putih adalah sahabat baik untukmu yang sedang menjalani diet. Air putih menunjang segala aktivitas organ dalam penting tubuh seperti jantung dan ginjal. Kamu bisa mengganti minuman manismu dengan air putih yang lebih banyak untuk mengimbangi konsumsi sayurnya.

Untuk hasil yang maksimal minumlah air putih sebanyak dua gelas atau sekitar tiga ratus mililiter dua jam sebelum makan. Air putih membantu meredakan rasa lapar sehingga porsi makan menjadi sedikit.

  1. Lakukan olahraga

Tips berikutnya adalah lakukan olahraga ringan seperti lari pagi, jalan pagi maupun senam singkat agar tubuhmu bergerak. Kalori dalam tubuh akan tetap ada meskipun sudah melakukan diet. Diet akan lebih berhasil dalam waktu cepat jika diimbangi dengan melakukan olahraga.

Baca Juga  6 Cara Diet Alami Dan Sehat Langsing Dan Ramping Dalam 15 Hari

Agar lebih praktis pilihlah olahraga yang bisa dilakukan di rumah seperti aerobik, yoga maupun cardio. Jadi tidak ada alasan apa pun untuk menolak olahraga karena bisa dilakukan dimana saja. Olahraga ini juga membuatmu memiliki semangat lebih baik dari pada hanya diam saja selama diet.

  1. Batasi gula

Membatasi bukan berarti tidak memperbolehkan. Dalam hal ini makanan seperti kue, roti maupun camilan dengan gula tetap boleh dikonsumsi namun takarannya berbeda. Jika biasanya konsumsi kue seminggu tiga kali dengan ukuran sekotak maka bisa diganti sepotong untuk seminggu saja.

  1. Ganti karbohidrat dan kurangi jumlahnya

Cara menurunkan berat badan secara alami dan aman selanjutnya adalah mengurangi konsumsi karbohidrat dan mengganti jenisnya. Saat ini karbohidrat yang banyak dikonsumsi adalah nasi putih yang di dalamnya terdapat kandungan gula sangat banyak. Selain menunjang kenaikan berat badan, nasi putih juga membuat seseorang cepat lapar.

Kamu bisa menggantinya dengan memilih nasi lainnya seperti nasi merah yang memiliki kandungan gula lebih rendah. Pilihan karbo lain yang direkomendasikan meliputi gandum dan jenis umbi-umbian.

  1. Air jeruk nipis

Pilihan yang satu ini cukup efektif untuk membakar lemak dalam tubuh dengan harga yang terjangkau. Yang perlu disiapkan adalah satu buah jeruk nipis dan air hangat. Untuk hasil yang optimal minuman ini bisa diminum dua kali sehari sebelum makan.

Namun untukmu yang memiliki riwayat penyakit lambung perlu memperhatikan porsi minumnya. Lebih baik dikonsumsi setelah makan saja agar tidak perih di lambung.

  1. Stop makan makanan cepat saji

Untuk makanan dengan kandungan gula memang masih boleh dikonsumsi dalam porsi tertentu. Namun untuk makanan yang satu ini benar-benar harus dihindari. Selain mengganggu diet, makanan cepat saji memiliki dampak yang tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga  13 Bahan Ramuan Tradisional Untuk Menurunkan Berat Badan Dalam Seminggu

Terdapat kandungan kolesterol dan lemak jahat yang siap merusak ginjal dan membuat berat badan naik tidak terkendali.

  1. Jangan lewatkan makan pagi

Banyak orang yang beranggapan bahwa diet lebih baik tidak melakukan makan pagi. Padahal dengan melewatkan makan pagi tubuh menjadi lemas dan rasa lapar tak terbendung pada siang hari. Sehingga pada saat jam makan siang porsi makannya bisa lebih banyak dari biasanya.

Melakukan diet harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat, bukan hanya fokus mengurangi porsi makan saja. Pemilihan jenis makanan dan melakukan aktivitas fisik juga menjadi penentu keberhasilan cara menurunkan berat badan secara alami. Jadi selain kalorinya dibakar, kalori baru yang masuk juga akan dibatasi.

Leave a Reply