5 Cara Mengolah Pasak Bumi untuk Mendapatkan Manfaatnya

88 / 100
cara mengolah pasak bumi

cara mengolah pasak bumi

Cara mengolah pasak bumi memang terlihat sangat sulit namun sebenarnya cukup mudah. Pasak bumi sendiri merupakan tanaman herbal yang kaya akan manfaat dan tentunya berguna untuk kesehatan seksual dan badan manusia.

Pasak bumi ini biasanya digunakan untuk meredakan stress, mengatasi penyakit diabes hingga mengobati masalah kesuburan. Tanaman herbal ini memiliki beberapa bagian yang keras seperti batang dan akar sehingga susah untuk diolah.

Namun bila kamu tahu tentang tahap-tahapannya dengan baik, mengolah pasak bumi akan terasa lebih mudah. Pasak bumi sendiri dapat diolah dengan berbagai jenis untuk dikonsumsi. Olahan pasak bumi yang bisa dikonsumsi biasanya terdiri dari bentuk cawan, rebusan, bubuk, suplemen atau lainnya.

Dengan mengetahui cara mengolah tanaman herbal tersebut, tentu saja khasiat yang dirasakan oleh tubuh juga semakin melimpah. Agar tidak terlalu lama penasaran, berikut beberapa cara mengolah pasak bumi yang bisa dicoba.

5 Cara Mengolah Pasak Bumi untuk Mendapatkan Manfaatnya

  • Diseduh

Cara mengolah yang pertama ialah dengan cara diseduh. Bila ingin mencicipi pasak bumi dengan cara diseduh, hal pertama yang harus dilakukan ialah membersihkan tanaman herbal tersebut.

Setelah dibersihkan, siapkan air panas lalu rendam pasak bumi tersebut. Tunggu sekitar satu jam sampai air rendaman mulai mendingin. Ketika rendaman mulai mendingin, kamu bisa mencobanya.

Agar manfaat yang ada dalam tanaman herbal tersebut dapat langsung terasa, cobalah untuk mengonsumsinya satu hari sekali. Kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis atau biarkan saja original bila ingin merasakan sensasi pahitnya.

  • Dibuat Bubuk

Bila ingin dibuat menjadi bubuk, berikut cara mengolah pasak bumi dengan benar. Kamu cukup memotong bagian akar atau batang pasak bumi menjadi beberapa bagian. Kemudian bisa dicincang, diserut atau diblender hingga menjadi bubuk.

Baca Juga  6 Khasiat Sop Alpha Yang Penting Bagi Kesehatan Tubuh

Dengan menjadikan pasak bumi sebagai bubuk, tentu saja akan mudah untuk mengonsumsinya. Kamu bisa menambahkan pasak bumi di berbagai minuman seperti kopi, teh atau wedhang jahe.

Dengan menjadikan pasak bumi sebagai bubuk juga tak akan mengurang khasiatnya. Namun bila cara ini terlalu susah dilakukan sendiri, bisa juga mencari bubuknya di berbagai e-commerce atau toko terdekat.

  • Direbus

Selain diseduh dan dibuat bubuk, kamu juga bisa langsung mengonsumsi pasak bumi dengan cara direbus. Cukup siapkan air dengan ukuran sekitar 250ml dan masukkan tanaman herbal tersebut.

Masak hingga mendidih dan sisakan air sekitar 200ml. Kemudian angkat dan dinginkan sebentar, jangan lupa juga untuk menyaringnya sebelum dikonsumsi. Dengan mengonsumsi pasak bumi dengan cara direbus, tentu saja khasiat yang didapatkan akan sera terasa.

  • Cangkir Pasak Bumi

Cara mengolah pasak bumi untuk obat ialah dengan menggunakan cangkir atau cawan pasak bumi. Sekarang ini banyak sekali e-commerce yang menjual pasak bumi dalam bentuk cawan atau cangkir.

Dengan inovasi baru ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mengonsumsi pasak bumi. Dengan cawan pasak bumi ini juga dapat merasakan khasiatnya dengan memberikan air hangat ke dalam cawan tersebut.

Setelah memberikan air, jangan lupa untuk segera meminumnya agar khasiatnya dapat langsung terasa. Untuk manfaatnya, kamu tak perlu khawatir, cawan ini memiliki khasiat yang sama dengan pasak bumi yang diseduh maupun direbus.

  • Ditumbuk

Cara mengolah pasak bumi dengan tepat berikutnya ialah dengan cara ditumbuk. Kamu bisa mencuci terlebih dahulu bagian pasak bumi yang akan dikonsumsi secara bersih. Setelah tanaman herbal tersebut bersih, tumbuklah sampai tekstur pasak bumi tersebut berubah menjadi halus.

Baca Juga  5 Keunikan Fakta dan Harga Pasak Bumi di Apotik Indonesia

Kemudian kamu bisa mencampurkan pasak bumi yang sudah ditumbuh dengan air panas untuk dikonsumsi. Selain itu bisa juga dengan merebus hasil tumbukan tadi hingga mendidih.

Lalu jangan lupa menyaringnya agar serat-serat pasak bumi yang susah ditelan tidak ikut terminum. Agar manfaat dari pasak bumi ini cepat terasa, jangan tambahkan bahan pemanis apa pun saat meminumnya.

Itu dia beberapa cara mengolah pasak bumi yang bisa kamu coba. Bila ingin merasakan berbagai manfaat tanaman herbal tersebut untuk kesehatan dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Jangan lupa untuk mengonsumsi pasak bumi dengan cara tersebut secara rutin. Dengan menggunakan semua cara tersebut kamu bisa mendapatkan manfaat pasak bumi yang luar biasa. Jadi kamu tinggal pilih saja mana yang paling mudah dan paling disukai.

Leave a Reply